.quickedit{ display:none; }

Halaman

Rabu, 09 Januari 2013

Tips Merawat Leptop Agar Lebih Awet

Bagi Anda pengguna lepto (notebook) maupun netbook, yang sudah lama maupun yang masih baru, tentu menginginkan netbook Anda awet dan nyaman untuk digunakan. Sebenarnya tidak hanya awet yang penting tetapi juga aman dalam penggunaannya.
Nah saya punya cara yang paling mudah untuk merawat leptop dan netbook Anda agar lebih aman dan awet saat digunakan.  Penasaran apa saja tips nya ??
1. Tempatkan Notebook pada tempat yang rata/datar agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah Notebook tidak tertutup. Pastikan Notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusakHarddisk, Optical Drive, socket-socket serta komponen mekanik lainnya. Kecuali Notebook diletakkan di atas  cooling pad , di manapun anda bekerja sirkulasi  udara ke dalam notebbok akan terjaga sehingga Anda aman bekerja dalam waktu yang lama.
2. Sebelum menghidupkan Notebook, PASTIKAN kondisi batterey masih ada daya yang cukup untuk proses booting sampai menjalankan OS. Bila ragu, pasang adaptor, lalu hidupkan Notebook Anda. Kekurangan daya batterey sewaktu dihidupkan, akan menyebabkan gagal booting dan harddisk dapat rusak permanent.
3. Perhatikan dengan teliti stop kontak adaptor apakah sudah tertanam dengan baik dan stabil baru kemudian jack DC ke notebook di tancapkan. Bila tidak, akan terpercik bunga api pada stop-kontak yang berakibat proses charge akan putus sambung. Kemungkingn terburuk setiap percikan oleh batterey di anggap 1 cycle charging (Batt Lithium +/- 1000 X charging). Pengalaman membuktikan akibat stop kontak kendor telah mengakibatkan umur batterey menjadi sangat pendek bahkan ada yang hanya berumur 1 bulan saja batterey rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar