.quickedit{ display:none; }

Halaman

Selasa, 15 Januari 2013

Gejala Penyakit Tipes

Musim hujan merupakan musimnya penyakit, termasuk penyakit tipes karena bakteri dapat dengan mudah berkembang biak. Penyakit ini sering terlambat didiagnosa karena gejala penyakit tipes ini mirip dengan gejala penyakit lain. oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui lebih jauh mengenai penyakit tipes.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gejala penyakit tipes, sebaiknya anda tahu mengenai definisi, cara penularan ataupun penyebab penyakit tipes. tipes merupakan suatu penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa. Bakteri ini dapat masuk ke dalam saluran pencernaan manusia melalui makanan atau minuman yang tercemar. Bakteri ini kemudian bersarang di usus halus dan menggerogoti dinding usus halus. Apabila dibiarkan terus-menerus, usus akan luka dan dapat jebol.
Penyakit tipes dapat ditularkan melalui kotoran, termasuk kuman yang hidup normal dalam usus hewan, sumber daging dan susu, telur, makanan dan minuman tercemar dari carier yaitu orang sehat tetapi membawa kuman. Melihat betapa mudahnya penyakit ini menular dan sangat berbahaya bagi kesehatan, maka anda perlu segera mengatasi jika terjadi gejala penyakit tipes yang diantaranya sebagai berikut.

Gejala penyakit tipes yang umum terjadi

1. Mengalami demam lebih dari satu minggu secara berturut-turut

2. Demam yang merupakan gejala penyakit tipes ini terjadi pada malam hari atau menjelang malam dan biasanya di siang hari penderita terlihat segar serta biasanya masih mampu menjalankan aktivitas.

3. Lidah kotor
Gejala penyakit tipes ini sama halnya dengan gejala penyakit lain dimana ketika sakit anda akan merasa lidah pahit dan di bagian tengah lidah anda akan berwarna putih. Dalam keadaan seperti ini, biasanya penderita ingin makan makanan yang pedas dan asam, padahal untuk penyakit tipes kedua makanan ini dilarang karena dapat memperparah luka di sistem pencernaan.

4. Diare
Bakteri yang menyebabkan penyakit tipes merupakan bakteri yang bermukim di saluran cerna dan hal ini akan mengganggu proses penyerapan cairan. Akibatnya, anda akan mengalami diare tanpa sebab yang pasti tetapi ada beberapa kasus justru malah terjadi konstipasi. Gejala penyakit tipes yang terakhir ini memang sulit diamati karena pada dasarnya jika seseorang memiliki saluran pencernaan dengan sensitivitas tinggi hanya dengan makan makanan yang sedikit pedas pun dapat menimbulkan diare.

Nah, itulah beberapa gejala penyakit tipes. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda mengatasi secara dini jika terserang penyakit tipes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar