.quickedit{ display:none; }

Halaman

Selasa, 15 Januari 2013

Gejala Penyakit TBC

Penyakit TBC merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja baik tua, muda, kaya maupun miskin. Perlu anda tahu bahwa di Indonesia merupakan negara ketiga terbesar dengan masalah TBC. Melihat kenyataan ini, sebagai masyarakat Indonesia wajar saja jika kita waspada terhadap penyakit TBC. Salah satunya dengan mengetahui beberapa gejala penyakit TBC agar dapat melakukan pencegahan secara dini.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai gejala penyakit TBC, ada baiknya anda mengetahui tentang apa itu TBC dan bagaimana penularannya. Penyakit TbC merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Micobakterium tuberculosa. Bakteri ini biasa juga disebut dengan bakteri tahan asam atau BTA dengan bentuk batang. Penyakit TBC dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

- TBC paru-paru yang disebabkan oleh bakteri dan lingkungan
- TBC pada sisitem saraf
- TBC milier
- TBC yang tidak disebabkan oleh bakteri dan faktor histologis

Penyakit TBC ini bersifat menular dan dapat ditularkan dengan medium udara yang tercemar dengan bakteri penyebab TBC ketika penderita sedang batuk. Jadi, jika anda sebagai penderita penyakit TBC sebaiknya kenakan sapu tangan atau masker ketika batuk dan anda sebagai masyarakat sebaiknya juga perlu waspada jika orang di sekitar anda menunjukkan gejala penyakit TBC.


Untuk lebih jelasnya mengenai gejala penyakit TBC, coba simak penjelasan yang akan admin berikan berikut ini. Namun, perlu anda ketahui bahwa gejala penyakit TBC sebenarnya tergantung pada organ yang diserang.

Gejala penyakit TBC secara umum :

1. Penderita akan mengalami demam yang tidak terlalu tinggi dan berlangsung lama. Apabila keluarga atau orang di sekitar anda mengalami gejala penyakit TBC ini sebaiknya segera periksakan ke pihak medis.
2. Penderita sering berkeringat pada malam hari tanpa melakukan aktivitas apapun
3. Terserang penyakit flu yang tidak menentu karena sering kambuh dan tanpa alasan yang jelas
4. Penderita batuk-batuk dalam kurun waktu lebih dari 3 minggu secara terus menerus dan terkadang disertai darah

Nah, itulah beberapa gejala penyakit TBC yang umum terjadi. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar