.quickedit{ display:none; }

Halaman

Rabu, 09 Januari 2013

Lisensi GGWA



Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai lisensi untuk melakukan legalisasi. Legalisasi di sini dimaksudkan bahwa kita melakukan pemutihan, jika sebelumnya PC/Notebook kita terinstall Operating System bajakan / tidak legal, Microsoft memberikan solusi untuk kita melakukan legalisasi.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membeli product FPP, OEM tidak bisa digunakan untuk melakukan legalisasi, dikarenakan pasti PC/Notebook kita sudah bukan merupakan PC/Notebook baru yang hendak kita beli.

Dengan FPP kita bisa melakukan legalisasi untuk PC/Notebook kita. Kemudian case nya berkembang, bagaimana jika kita mau melakukan legalisasi terhadapat mungkin 100 atau 200 PC di perusahaan yang dimiliki? Apakah membeli 200 FPP, kita install satu per satu, kemudian masukkan satu per satu serial number yang berbeda dari masing – masing box, kemudian membeli 1 lemari khusus untuk menyimpan box FPP nya. Bayangkan jika 1000 PC, berarti ada 1000 Box FPP yang harus anda simpan kemudian beri label pada PC dan Box FPP nya agar serial numbernya tidak tertukar, sangat butuh effort yang cukup besar untuk melakukan itu semua.

Microsoft memberikan kemudahan kepada end user nya untuk bisa membeli 2 type product legalisasi. Yaitu GGK (Get Genuine Kit) dan GGWA (Get Genuine Windows Application). Mari kita bahas satu persatu.

GGK
Paket pembelian GGK terdiri dari label COA, media dan EULA / Perjanjian Lisensi. Terdiri atas 2 paket yaitu paket 1 Unit dan paket 10 Unit.
1. Paket 1 unit terdiri atas 1 COA, 1 Media dan 1 EULA
2. Paket 10 unit terdiri atas 10 COA, 1 Media dan 1 EULA
Jika anda membeli paket 10 Unit, harus digunakan hanya oleh 1 pelanggan yang sama dan tidak dapat dipecah untuk kepemilikannya.  Anda wajib menempelkan semua COA dari paket GGK ini ke PC yang ingin anda legalisasikan. Lisensi tidak dapat dipindahkan ke PC yang lain jika PC yang sudah anda legalisasikan rusak atau diganti dengan yang baru.

GGWA
Kemudian pertanyaannya berkembang, bagaimana jika saya ingin melegalkan untuk 1000 Unit PC? Apakah saya harus membeli 100 paket 10 Unit dan menempelkan 1000 COA, saya takut COA nya hilang atau robek. Microsoft memberikan solusi menggunakan GGWA. Untuk membuka agreement GGWA anda cukup membeli minimal 5 License GGWA saja, dengan GGWA anda mendapatkan banyak keuntungan yaitu 1 serial number untuk semua lisensi yang anda beli dalam 1 agreement. Jika anda membeli 1000 lisensi dalam satu agreement yang sama, maka anda cukup memiliki 1 serial number untuk 1000 PC yang akan anda legalkan.

Anda tidak perlu khawatir mengenai manajemen lisensinya karena tidak membutuhkan COA label untuk ditempel, sehingga anda tidak perlu khawatir COA label hilang atau rusak. Anda tidak perlu risau kehilangan box dan serial number dapat dilihat oleh orang lain. Semua manajemen lisensi GGWA diakses secara online melalui Volume Licensing Service Center ( www.microsoft.com/licensing/servicecenter ) . Bukti kepemilikan lisensi anda juga terdapat di VLSC, sehingga anda tidak terlalu memusingkan untuk mengatur semua masalah lisensi anda. GGWA sangat disarankan untuk anda yang akan melakukan legalisasi lebih dari 5 PC.

Dengan melakukan pembelian GGWA maka anda mendapatkan Windows 7 Professional dan anda bisa melakukan downgrade ke Windows Vista Business atau Win XP Professional. Dan jika anda melakukan pembelian software assurance, maka anda bisa mendapatkan lisensi Windows 7 Enteprise. Windows 7 Enterprise memiliki fitur yang sama dengan Windows 7 Ultimate.

Dengan melakukan pembelian GGWA pun anda bisa melakukan proses installasi dengan mudah dikarenakan GGWA memiliki hak untuk re-imaging, sehingga anda cukup membuat 1 image dan melakukan proses re-imaging ke semua PC yang ingin anda legalisasikan.

Lisensi GGWA tidak dapat dipindahkan / non transferable, sehingga jika anda melakukan pergantian motherboard atau PC yang sudah anda legalisasikan diganti dengan yang baru maka anda harus melakukan pembelian lisensi yang baru. Namun jika GGWA tersebut anda tambahkan Software Assurance, maka jika terjadi pergantian motherboard atau pembelian PC baru, Software Assurance nya dapat anda pindahkan, sehingga GGWA baru yang anda beli tidak perlu anda belikan Software Assurance lagi.

Agreement GGWA berlaku selama 2 tahun sejak tanggal pembelian, masa berlaku agreement bukan berarti ketika agreement berakhir maka lisensi anda hangus, tetapi masa berlaku agreement ini dimaksudkan, jika selama waktu 2 tahun setelah pembelian pertama kali anda ingin membeli kurang dari 5 lisensi, maka anda bisa melakukannya. GGWA bersifat hak milik dan berlaku seumur hidup perusahaan anda. GGWA tidak dapat dijual ke perusahaan lain, dikarenakan GGWA melekat kepada 1 nama perusahaan.

Semoga tulisan ini membantu anda dalam memahami solusi legalisasi yang ditawarkan oleh Microsoft, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan comment atau email ke : gsw@belajarlisensi.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar